.Berita (News)Polsek Kedung

Simulasi Penanganan Laka Lantas Lintas Sektoral Polsek Kedung

Tribratanewsjepara.com – Guna  meningkatkan sinergitas antara Polsek dengan Puskesmas dalam penanganan kecelakaan lalu lintas, Kapolsek Kedung menggandeng Kepala Puskesmas Kedung untuk sama-sama berlatih dalam penanganan Laka Lantas.

Kedung Latihan TPTKP Laka (1)

Skenario simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas tersebut dimulai dengan adanya salah seorang warga desa tanggultlare yang melihat adanya kejadian Laka Lantas, kemudian warga tersebut melapor ke Polsek Kedung agar kejadian laka lantas tersbut dapat ditangani dengan cepat dan tepat. Pelapor menerangkan bahwa terjadi tabrak lari antara sepeda motor dengan KBM yang belum diketahui identitasnya, yang mana korban pengendara sepeda motor jatuh di jalan dan mengalami luka yang cukup parah. KBM yang terlibat laka lantas tersebut langsung kabur meninggalkan lokasi kejadian.

Kedung Latihan TPTKP Laka

Setelah mendapat laporan personil Polsek Kedung yang sedang melaksanakan piket dipimpin Kanit Sabhara langsung berkoordinasi dengan Puskesmas Kedung lalu bergegas meluncur ke TKP untuk menolong korban. Sesampainya di TKP petugas dari Polsek Kedung langsung mengamankan lokasi kejadian laka lantas tersebut kemudian melaksanakan olah TKP serta mendata saksi-saksi dan melapor kepada pimpinan. Bersamaan dengan proses olah TKP, petugas dari Puskesmas dipimpin oleh dokter Lupi melaksanakan Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan tersebut. Setelah dilakukan P3K selanjutnya korban langsung dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut sementara barang bukti sepeda motor diamankan petugas dan dibawa ke Mapolsek Kedung guna proses identifikasi dan penyelidikan.

Kedung Latihan TPTKP Laka (3)

Pelatihan lintas sektoral ini bertujuan untuk melatih kecepatan dan ketanggapsegeraan dalam penanganan perkara gangguan kamtibmas terutama penanganan laka lantas dengan memaksimalkan tindakan pertama tempat kejadian perkara (TPTKP) laka lantas. Diharapkan dengan sinergitas antara Polsek Kedung dan Puskesmas Kedung penanganan laka lantas yang terjadi di wilayah Kedung dapat berjalan dengan cepat dan tepat sehingga mengurangi fatalitas korban meninggal dunia karena kecelakaan di jalan.(AS/YAW)

 

tbnewsjepara

Related Posts