Bagian OperasiEkonomiKeamananPendidikanPolsek DonorojoSosial

Polres Jepara Jaga Ketat Prosesi Jembul Sedekah Bumi Tulakan

IMG-20160815-WA0162 IMG-20160815-WA0161Tribratanewsjepara.com – Puluhan personil pengamanan jaga ketat pelaksanaan prosesi Jembul Sedekah Bumi Desa Tulakan, Senin (15-08-2016) pagi. Puluhan personil gabungan dari Polres Jepara, TNI dan Satpol PP bersinergi melaksanakan tradisi Jembul yang dilaksanakan setiap tahunnya.
Kapolsek Donorojo Iptu Kusnadi menerangkan kegiatan tradisi jembul dihadiri oleh Disparbud Kabupaten Jepara, Muspika Kecamatan Donorojo, Petinggi Desa Tulakan beserta perangkat desa, Ketua BPD Desa Tulakan beserta anggota dan disaksikan oleh warga masyarakat Desa Tulakan sekitar 5.000 orang. Sebelum pelaksanaan Jembul sebelumnya telah diselenggarakan beberapa kegiatan berupa Turnamen Bola Volly, Jalan Santai, atraksi Ketoprak dan Lomba K5.
“Pelaksanaan Jembul merupakan rangkaian sedekah bumi atas syukur terhadap karunia Allah bahwa masyarakat telah diberikan keberkahan dalam bercocok tanam dengan mendapat hasil yang melimpah serta masyarakat yang makmur, jembul juga sebagai tradisi Desa Tulakan turun temurun. Dalam kegiatan Jembul Tulakan di ikuti beberapa dukuh di desa tersebut, adalah Dukuh Krajan dengan ditandai dayang Sayid Usman, Dukuh Ngeplak dengan ditandai seorang dayang yang bernama Mbah Mangon Joyo, Dukuh Winong dengan ditandai barisan prajurit gagah dan perkasa, yang keempat adalah Dukuh Drojo dan yang terakhir adalah Dukuh Pejing ditandai dengan golek dayah Mbah Reseh,” imbuhnya. (As)
tbnewsjepara

Related Posts