.Berita (News)PolsekPolsek Pakis Aji

Tanggap Bencana Alam Jadi Fokus Utama Rakor Bulanan Muspika Pakis Aji

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Jepara – Kapolsek Pakis Aji, Iptu Sumardi menghadiri Rapat Koordinasi Bulanan Petinggi, Carik dan Dinas / Instansi se-Kecamatan (Muspika) Pakis Aji di Pendopo Balai Desa Lebak, kemarin Rabu (17/01/2018).

Dalam kesempatan tersebut Iptu Sumardi menekankan dan menghimbau kepada para Petinggi / Kepala Desa agar lebih peduli terhadap kondisi lingkungannya. Mengingat curah hujan yang mulai meningkat seminggu terakhir di wilayah Pakis Aji dapat meningkatkan kerawanan terjadinya bencana alam terutama potensi tanah longsor

Oleh karena itu diperlukan upaya cepat tanggap lingkungan dimulai dengan memperhatikan kebersihan saluran air maupun sungai. Beri himbauan kepada seluruh warga agar tidak membuang sampah di saluran air maupun sungai yang dapat menyebabkan aliran air tersumbat yang pada akhirnya dapat menyebabkan banjir maupun longsor.

Bagi petinggi Desa yang berada di lereng pegunungan Muria agar lebih waspada bila hujan lebat berangin, amati dan awasi tanda-tanda alam. Bila mulai muncul tanda retakan tanah maupun suara gemuruh agar segera mengarahkan warganya menuju tanah lapang, menjauh dari wilayah tebing untuk mencegah maupun meminimalisir timbulnya korban akibat bencana alam.

Segera koordinasi dengan instansi terkait bila terjadi bencana sehingga dapat segera dilakukan evakuasi dan pertolongan terhadap korban bencana. Selain itu para Petinggi juga diharapkan dapat mengkondisikan Balai Desa sebagai tempat penampungan sementara dan dapur umum bagi korban bencana alam.
(HumasPolresJepara)

 

tbnewsjepara

Related Posts