.Berita (News)BudayaKeamananSatpolairSatuan FungsiSosial

Sat Polair Polres Jepara Amankan Upacara Melasti Umat Hindu

   Tribratanews.jateng.polri.go.id, Jepara – Melasti merupakan upacara dimana para umat Hindu mensucikan diri secara lahir maupun batin, adapun pelaksanaan upacara tersebut dilaksanakan setiap setahun sekali sebelum menyambut hari raya Nyepi.

Upacara Melasti digelar di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk ataupun dosa – dosa pada masa lalu dengan membuangnya atau melarungnya ke laut.

Seperti pada tahun – tahun sebelumnya, umat Hindu di Kab. Jepara menggelar upacara Melasti di Pantai Tirta Samudera Bandengan Jepara, dan pada tahun ini upacara tersebut digelar di tempat yang sama dengan jumlah peserta kurang lebih 500 orang.

Tampak hadir Ketua Parasida Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kab. Jepara yaitu Bapak Ngardi Sindu Admaja.

Guna ke-khidmat-an kegiatan tersebut, Anggota Satuan Polisi Perairan Resor Jepara yang dipimpin Kasat Polair AKP Hendrik Irawan, S.H. bersama unsur terkait melaksanakan pengamanan upacara Melasti di Pantai Tirta Samudera Bandengan Jepara, Minggu (11/03/2018) pagi.

Adapun rute keberangkatan acara tersebut, dimulai dari Pura Dharma Loka Plajan dengan melewati bumi perkemahan Pakis Aji ke arah Bulungan selanjutnya ke arah perempatan Kedung Cino hingga sampai di Pantai Tirto Samudera Bandengan untuk melaksanakan Upacara Melasti.

Dalam sambutannya Bapak Ngardi Sindu Admaja sebagai Ketua PHDI Kab. Jepara menuturkan, dalam pelaksanaan Hari raya nyepi ditahun 2018 ini, pihaknya mengajak untuk meningkatkan soliditas umat Hindu serta saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Catur Brata Penyepian merupakan titik puncak kegiatan Hari raya Nyepi umat Hindu, untuk itu kami mengajak seluruh umat supaya beristirahat total bisa di rumah maupun di pura, hal tersebut untuk mendekatkan diri kepada sang yang widi,” tuturnya.

Pada acara larung sejati di Laut Bandengan, pengunjung/peserta menggunakan perahu Wisata Bahari dengan mendapatkan Pengamanan serta Pengawalan (Pamwal) dari Kasat Polair Polres Jepara AKP Hendrik Irawan, S.H bersama anggotanya.

“Hal ini kami lakukan mengingat lokasi acara Larung Sejati berada di tengah laut dan keberadaan kami tentunya untuk mencegah serta antisipasi kemungkinan terjadinya laka laut maupun hal sesuatu yang tidak kami inginkan di saat acara berlangsung,” jelas AKP Hendrik.

(Humas Polres Jepara)

tbnewsjepara

Related Posts