.Berita (News)

Peringati Hari Lahir Pancasila Polres Jepara Gelar Upacara Bendera

Tribratanewsjateng.polri.go.id, Jepara – Polres Jepara Polda Jateng melaksanakan upacara peringati hari lahirnya Pancasila, di lapangan apel Endra Dharmalaksana dengan diikuti Pejabat Utama Polres Jepara, Kapolsek Jajaran dan seluruh anggota baik Perwira, Bintara maupun ASN, Sabtu (01/06/2019).

Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB, dengan pengibaran sang saka merah putih dihadapan peserta upacara. Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, S.I.K., M.H menjadi Inspektur upacara sekaligus membacakan teks pancasila.

Dalam upacara kali ini Kapolres membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono, yang dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” katanya.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. “Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

(hms)

 

tbnewsjepara

Related Posts