.Berita (News)

Ikuti Lomba Tingkat Polda Jateng, Satkamling Desa Kendengsidialit Perwakilan Polres Jepara Tampil Maksimal

Polres Jepara – Ikuti lomba Satkamling dan Desa teraman tingkat Polda Jawa Tengah (Jateng) TA 2023, Satkamling Desa Kendengsidialit Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara tampil maksimal.

Penilaian lomba Satkamling dan Desa teraman tingkat Polda Jateng TA 2023 ini, dilaksanakan pada 5 Juni 2023 malam tadi, dimulai pukul 20.00 Wib.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang diwakili oleh Kabag SDM Polres Jepara Kompol Karman dalam sambutannya mengungkapkan jika situasi Kamtibmas diwilayahnya membutuhkan peran serta partisipasi dari masyarakat dalam mewujudkan situasi yang aman.

Polri sangat terbantu dengan keberadaan Pos Satkamling yang ada di desa, harapannya kedepan hal-hal positif terus berlanjut dan dikembangkan, sehingga desa teraman ini tidak hanya ada di desa Kendengsidialit tapi juga untuk semua desa – desa yang berada di Kabupaten Jepara.

Dijelaskan Kabag SDM, Satkamling Desa Kendengsidialit menjadi perwakilan Desa yang maju sebagai wakil dari Polres Jepara pada lomba Satkamling dan Desa teraman tingkat Polda Jateng pada tahun 2023.

Dalam penilaian lomba, petugas Satkamling juga melaksanakan peragaan ketangkasan tongkat, borgol dan kentongan, selain itu juga dilakukan simulasi pencurian dan penanganan tindakan pertolongan pertama yang kemudian mendapatkan tindakan medis oleh petugas kesehatan.

Masih dalam simulasi, petugas Satkamling juga melakukan tindakan pengamanan kepada pelaku pencurian, dan menghalau warga agar tidak main hakim sendiri ketika pencuri sudah berhasil ditangkap, namun melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas, dan membawa pelaku untuk diamankan di Polsek Welahan.

Hadir dalam pelaksanaan penilaian lomba, Ketua Tim Penilai Wadir Binmas Polda Jateng AKBP Siti Rondhijah, Ia mengungkapkan, dalam penilaian lomba ini tim melihat dan mencocokan data sesuai dengan aspek penilaian.

Adapun aspek penilaian lomba, masih dijelaskan AKBP Siti Rondhijah, meliputi aspek SDM beserta data dukungnya, aspek sarpras, giat poskamling, hubungan masyarakat, serta pembinaan Satkamling dari Kepolisian setempat.

Usai simulasi, AKBP Siti Rondhijah kemudian melakukan evaluasi terhadap Pos Satkamling RT 05 RW 01 Desa Kendengsidialit, evaluasi tersebut meliputi aspek penilaian yang telah disebutkan sebelumnya, serta melakukan pengecekan Pos Satkamling, dengan melakukan diskusi kepada petugas Satkamling maupun kepada warga yang ada di lokasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, untuk memaksimalkan hasil, sebelumnya petugas Satkamling Desa Kendengsidialit telah mendapatkan pelatihan, hal ini dilakukan agar petugas Satkamling dapat merefresh dan mendapatkan tambahan ilmu baru.

Ditemui di lokasi, Bhabinkamtibmas Desa Kendengsidialit Polsek Welahan Aipda Fahrudin Heru menjelaskan, Desa Kendengsidialit maju sebagai perwakilan dari Jepara yakni Pos Satkamling yang berada di lokasi RT 5 RW 1.

Heru mengungkapkan, Pos Satkampling yang ada di Desa Kendengsidialit RT 5 RW 1 ini berdiri sejak tahun 1950 dan dulu luasnya hanya 1,5 x 2 meter.

Turut hadir dalam lenilaian lomba Satkamling dan Desa teraman tingkat Polda Jateng Ta 2023 antara lain PJU Polres Jepara, Camat Welahan ibu Sundari, Danramil 06/Welahan Kapten Inf Tri Yuli S, Kapolsek Welahan AKP Heri Joko Purnomo, Petinggi Desa Kendengsidialit Kahono Wibowo beserta perangkat desa, lembaga – lembaga Pemerintah Desa Kendengsidialit dan tamu undangan lainnya.

(hms)

 

tbnewsjepara

Related Posts