Bagian OperasiKeamanan

Ini Langkah Bareskrim Polri Terkait Amenesti di Bidang Pajak

IMG-20160730-WA0007Tribratanewsjepara.com – Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Ari Dono Sukmanto telah menyiapkan berbagai penerapan terhadap pengawalan amnesti di bidang pajak. Hal tersebut sesuai intruksi Presiden Joko Widodo terkait pengesahan Undang-Undang No. 11 Tahun 2016 Tentang Pengampunan Pajak.

“Salah satu bentuk konkritnya dengan memberikan kepastian atas rasa nyaman dan aman secara hukum terhadap para wajib pajak (WP) yang mengajukan pengampunan,” ujar Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Menurut Komjen Ari, beberapa penekanan telah disiapkan untuk menyambut salah satu kebijakan pemerintah yang terkait dengan bidang perpajakan ini.

“Dengan mendukung amnesti di bidang pajak, itu berarti mesti menjaga iklim investasi, dengan cara, tidak mengganggu aktifitas investor yang sudah berada di Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, upaya penegakan justru mesti difokuskan untuk memberikan solusi dan arahan kepada pengaju pengampunan pajak agar bisa nyaman mengembangkan investasinya di Indonesia. Untuk itu, penegak hukum jangan sampai membuat investor cemas sehingga menggangu investasi.

“Penyidik juga jangan mencari-cari kesalahan dari para wajib pajak, termasuk mereka yang mengajukan pengampunan pajak,” ungkap Komjen Ari.

Berdasarkan catatan, program pengampunan pajak atau tax amnesty, resmi dan berlaku sebagai legalitas sejak 1 Juli 2016 hingga 31 Maret 2017. Tujuan program ini sendiri ditargetkan oleh pemerintah untuk menimbulkan efek makro bagi kemakmuran Indonesia.

Berdasarkan data, program pengampunan pajak juga menjadi penting karena secara eksternal, pertumbuhan ekonomi Negara Tiongkok yang dulunya bisa sampai 10% lebih, sekarang mengalami penurunan mencapai angka kurang lebih 5,5%. Bukan itu saja, salah satu negara tetangga Indonesia di kawasan ASEAN yang biasanya selalu melesat pertumbuhan ekonominya, kali ini mengalami penurunan 0,5% hingga 1%. Ini semua membuat Indonesia tertekan secara ekonomi karena pengaruh tekanan ekonomi global pastinya mempengaruhi dalam negeri.

“Tujuan pengampunan pajak dalam jangka panjang untuk memperkuat ekonomi melalui basis pajak yang benar sehingga penerimaan pajak di masa mendatang jadi lebih besar,” jelasnya.

Disamping itu, lanjutnya, manfaat lain yang diambil dari pemberlakuan amnesti pajak adalah penguatan nilai tukar rupiah, cadangan devisa akan meningkat, likuiditas perbankan meningkat, dan yang pasti penerimaan negara juga akan meningkat. Sudah waktunya juga seluruh bangsa ini kuat dan sejahtera secara ekonomi.

“Untuk itu, kebijakan upgrading ekonomi Indonesia yang kita cintai ini, sudah seharusnya mendapat dukungan dari semua pihak. Penerapan tax amnesty ini, juga bagi Polri, merupakan momen untuk menunjukkan profesional dan kondite kerja yang lebih untuk NKRI,” terangnya.

Lebih lanjut Komjen Ari menegaskan bahwa untuk mewujudkan semua itu, Polri akan ikut turun langsung bersama dengan instansi lain untuk percepatan pengampunan pajak.

“Bersama dengan lembaga keuangan yang berkompeten di wilayah seperti BI di wilayah, OJK, dan lembaga keuangan lainnya hingga petugas Ditjen Pajak, Polri akan ikut menghimbau para pengusaha atau perorangan yang mempunyai dana simpanan di luar negeri untuk segera menyimpannya atau merepatriasinya ke Indonesia. Polri juga menjamin kerahasiaan data wajib pajak pengaju pengampunan pajak. Pembocornya, akan kami hukum pidana,” tuturnya.

Sumber : tribratanews.com

tbnewsjepara

Related Posts