Bagian OperasiKeamananPolitikSatintelkam

Polres Jepara Hadiri Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara Tahun 2016

IMG-20160907-WA0155 IMG-20160907-WA0154 IMG-20160907-WA0152Tribratanewsjepara.com – Kepolisian Resor Jepara menghadiri undangan Rapat Koordinasi Persiapan Tahapan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara tahun 2016 di Aula KPUD Kabupaten Jepara, Rabu (07-09-2016) pukul 09.15 Wib.

Kaur Bin Ops Sat Intelkam Iptu Adhi Purnomo, usai mengikuti rapat tersebut menerangkan hadir dalam Rakor tersebut diantaranya adalah Ketua KPU Kabupaten Jepara beserta anggota KPU Kabupaten Jepara, Sekretaris KPU Kabupaten Jepara, Anggota Panwas Kabupaten Jepara, Dinas Instansi terkait di Wilayah Kabupaten Jepara seperti Kodim 0719 Jepara, Polres Jepara, Kejaksaan Negeri Jepara, Rutan Jepara, Disdukcapil Jepara, Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Jepara dan pihak Rumah Sakit di wilayah Kabupaten Jepara.

Lebih lanjut, Iptu Adhi Purnomo mengatakan, dari pihak penyelenggara (Komisioner KPUD Jepara) memberikan beberapa materi maupun penekanan seperti yang disampaikan oleh :

Subhan Zuhri

1). Sumber Data Pemutakhiran daftar pemilih adalah dari data Sumber daya utama dalam proses pemutakhiran daftar pemilih dan DP4 menjadi referensi (data sekunder)

2). Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih sebagaimana diatur dalam PKPU No.4 tahun 2016 dimulai tgl 08 September s/d 07 Oktober 2016.

3). KPU Kab. Jepara telah mengangkat PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) sebanyak 3.042 yang tersebar di 1.805 TPS.

4). Dalam menjalankan Pemutakhiran Daftar Pemilih,PPDP akan melakukan coklit (Pencocokan dan Penelitian ke Rumah-rumah pemilih).

5). Jumlah data pemilih yang diturunkan ke PPDP untuk pemutakhiran sejumlah 972.164 Pemilih terdiri dari 483.772 laki-laki dan 488.392 perempuan.

Anik Sholikatun

1). DPT selalu menjadi isu yang seringkali muncul dalam pelaksanaan Pilkada.

2). Coklit harus dilaksanakan dari rumah kerumah oleh PPDP

3). Inti kerja PPDP adalah Mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat dan mengakomodir Pemilih yang memenuhi syarat namun tidak terdaftar.

4). KPU berusaha maksimal agar kerja PPDP Maksimal dalam kegiatan Coklit pemilih.

5). PPDP yang terjun dilapangan dilengkapi ID Card dan SK Resmi dari KPU Kabupaten Jepara.

Ketua KPU Kabupaten Jepara

1). Data penduduk yang terlibat pidana dan berada di Rutan akan disampaikan ke PPK dan PPS.

2). Data pasien dirumah sakit bersifat dinamis.

3). Pemerintah Kabupaten juga punya tanggung jawab terkait partisipasi warga dalam pelaksanaan Pilkada.

Panwas Kabupaten Jepara Tasykuri menyampaikan bahwa pembentukan Gakumdu saat ini masih dibahas di tingkat atas dan belum sampai ke tingkat daerah. Panwas Kabupaten Jepara akan melakukan pengawasan terhadap tahapan pemutakhiran daftar Pemilih yang mulai besok pagi akan dilaksanakan oleh PPDP.

“Dari peserta rapat yang hadir pada intinya semua akan mendukung sepenuhnya tahapan pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) dan akan memberikatan data yang dibutuhkan KPU Kabupaten Jepara apabila KPU membutuhkan data pada dinas instansi terkait,” tutur Iptu Adhi Purnomo. (as)

tbnewsjepara

Related Posts