.Berita (News)KeamananPolsekPolsek Pakis Aji

Curah Hujan Meningkat, Kanit Binmas Polsek Pakis Aji Pantau Ketinggian Air

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Jepara – Meningkatnya curah hujan sepekan terakhir di wilayah Pakis Aji terutama yang berada di lereng dan kaki pegunungan Muria dikhawatirkan akan meningkatkan kerawanan bencana banjir maupun tanah longsor. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kanit Binmas Aipda Djoko Sulistiyono melaksanakan pengecekan debit air Kali Gagel di Bendung Tumpeng Desa Suwawal Timur, kemarin Senin (15/01/2018). Dalam pemantauan tersebut Aipda Djoko didampingi penjaga pintu air Bendung Tumpeng Bapak Sumarno.

Saat melaksanakan pemantauan debit Air Kali Gagel diketahui terdapat tanah yang ambrol di sekitar pondasi bendungan terkikis derasnya air sungai. Untuk mencegah semakin meluasnya tanah yang terkikis air, Aipda Djoko Sulistiyono segera berkoordinasi dengan Pemdes Suwawal Timur dan Kecamatan Pakis Aji untuk mengambil langkah perbaikan sementara dengan memberi sak berisi tanah untuk menutupi tanah yang sudah terkikis air sungai. Sampai saat ini debit air sungai masih dalam batas normal.

Setelah melaksanakan pemantauan debit air sungai tersebut, Kanit Binmas memberi himbauan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai agar waspada bila hujan lebat melanda. Selalu awasi ketinggian sungai. Selain itu warga juga dihimbau untuk tidak membuang sampah di sungai sehingga aliran sungai tetap lancar yang pada akhirnya dapat mencegah terjadinya banjir di wilayah pemukiman.

(Humas Polres Jepara)

tbnewsjepara

Related Posts