.Berita (News)

Bhabinkamtibmas Berikan Materi Pelatihan Tanggap Bencana Alam ke Linmas Desa Dudakawu

Polres Jepara – Polda Jateng – Dalam rangka menunjang kondusifitas Kamtibmas di wilayah, Bhabinkamtibmas Polsek Kembang Brigadir Aji melaksanakan kegiatan penguatan keamanan dan ketentraman serta ancaman Bencana Alam.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti Ketua RW, Linmas dan tokoh masyarakat, serta masyarakat setempat yang dilaksanakan di Balai Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jumat (29/12/2023).

Kegiatan kesiap siagaan keamanan dan tanggap bencana alam diberikan guna mengantisipasi bila terjadi bencana.

“Pemberian materi dan Pembinaan Sat Linmas bertujuan untuk mengoptimalkan peran tugas Linmas di wilayah agar memahami materi yang akan disampaikan Bhabinkamtibmas,” ujar Brigadir Aji.

Dalam tanggap bencana tugas pokok Linmas salah satunya membantu dalam penanggulangan bencana alam. Artinya “Linmas harus siap siaga jika terjadi bencana alam banjir, longsor dan bencana lainnya seperti angin puting beliung, pohon tumbang, kebakaran, dan lain-lain,” sambungnya.

Untuk itu, lanjut Bhabinkamtibmas , “Anggota Linmas harus diberikan keterampilan dan pengetahuan sehingga dalam melaksanakan tugas lebih profesional dan proporsional paling tidak harus mengetahui tentang kondisi alam di lingkungan sekitar,” pungkas Brigadir Aji.

Linmas dilihat dari tugas, fungsi dan tanggungjawabnya, sangatlah penting keberadaannya di desa. Karena, merupakan garda terdepan dalam penanganan masalah keamanan, ketentraman dan ketertiban sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dalam pembinaannya, Bhabinkamtibmas bersinergi dengan Pemerintahan Desa dengan pembekalan secara rutin sebagai upaya untuk menjaga dan memelihara pengetahuan dan ketrampilan setiap anggota Linmas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan memantapkan disiplin anggota Linmas, sehingga dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu juga, agar tugas dan tanggung jawab Linmas dapat terlaksana dengan baik terutama tanggap terhadap bencana alam (Bencal),” ucapnya.

“Laksanakan pelatihan dengan serius dan bertanggung jawab, dan marilah kita sama-sama menjaga keamanan desa serta tanggap dengan bencana alam,” tutup Brigadir Aji.

(hms)

 

tbnewsjepara

Related Posts